Senin, 30 Maret 2009

Warga Duwet bangun dam baru secara swadaya

Manyaran (Espos) Untuk mengairi lahan pertanian dan kebutuhan sehari-hari, seperti mandi dan minum, warga Duwet, Desa Kepuhsari, Manyaran membangun dam baru secara swadaya. Pembangunan dam baru itu atas partisipasi kaum boro setempat.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dusun Duwet, Suradi, saat ditemui Espos di Kantor Desa Kepuhsari, Jumat (20/3). Didampingi Sekdes Kepuhsari, Maryanto, Suradi menceritakan dam baru itu dibangun di atas Dam Duwet yang mengalami kebocoran.
”Dam itu, sama-sama dibangun di Dusun Duwet, letaknya di hulu sungai dengan panjang 12 meter dan tinggi tiga meter. Sekarang ini swadaya masyarakat sudah mencapai Rp 11 juta.”
Suradi mengatakan pembangunan dam tersebut inisiatif dari warga boro. ”Ke depan, kaum boro menginginkan pembuatan bak penampung air sehingga bisa dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan air minum warga, selain juga untuk irigasi,” ujarnya.

Tanggungan rekanan
Pembangunan dam itu, jelasnya, sudah menghabiskan 114 paralon. Terpisah, Kepala Dinas Pengairan, Energi, Sumber Daya Mineral (PESDM) Wonogiri, Arso Utoro, saat ditemui Espos, menjelaskan perbaikan Dam Duwet yang bocor masih menjadi tanggungan rekanan. Didampingi Kasi Bina Teknik, Karno, Arso menyatakan pembangunan dam tersebut masih wewenang dinas lama.
”Walau demikian, tim sudah kami minta untuk melakukan pengecekan. Perbaikan telah dilakukan oleh rekanan dari CV Gamarjaya karena masih masa pemeliharaan,” ujarnya.
Arso menjelaskan informasi yang diperoleh dari tim, bocornya dam itu karena kesalahan teknis. “Bronjong yang dipasang di fondasi rusak. Walau demikian, pembangunan dam tersebut tidak menyalahi bestek. Penempatan bronjong dimaksudkan untuk memperkuat struktur.”
Diberitakan SOLOPOS (20/3), belum genap setahun dibangun, Dam Duwet bocor. Akibatnya tanaman padi yang baru berumur sekitar satu bulan terancam gagal panen. Pemerintah Kecamatan Manyaran meminta pelaksana pembangunan untuk segera memperbaiki dam itu, sehingga petani tidak dirugikan. - Oleh : tus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar